Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014

Susilawati, Susi and , Drs. Sami’an, MM. (2014) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui penerapan strategi talking stick pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 5 Surakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 5 Surakarta yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 13 laki-laki dan 18 perempuan. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes yang diperoleh dari setiap tindakan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum dilaksanakan tindakan 8 siswa tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) diperoleh prosentase hasil belajar siswa sebesar 74,19% dan setelah dilaksanakan tindakan siklus I hasil belajar siswa ada peningkatan sebesar 12,91% dari 74,91% menjadi 87,10%. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 100% siswa mencapai KKM (72). Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu kelas kelas VIII G SMP Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi talking stick, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Oct 2014 10:36
Last Modified: 13 Oct 2021 12:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30500

Actions (login required)

View Item View Item