Ardina, Meilisa Tria and , Drs. H. Nur Chusni, SE., M.Ag, (2014) Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Ketrampilan Mengajar Guru Dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VII Pada Smp Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (816kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi siswa mengenai ketrampilan mengajar guru terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas VII SMP N 2 Kartasura, 2) pengaruh kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas VII SMP N 2 Kartasura, 3) pengaruh persepsi siswa mengenai ketrampilan mengajar guru dan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas VII SMP N 2 Kartasura. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Kartasura berjumlah 274 siswa dengan sampel sebanyak 84 siswa yang diambil dengan teknik sampe lrandom sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y =64,884 + 0,314X1 + 0,169X2, artinya hasil belajar dipengaruhi oleh persepsi siswa mengenai ketrampilan mengajar guru dan kedisiplinan siswa. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) persepsi siswa mengenai ketrampilan mengajar guru berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel persepsi siswa mengenai ketrampilan mengajar guru sebesar 4,317 sehingga thitung> ttabel atau 4,317>1.990 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (2) kedisiplinan siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kedisiplinan siswa sebesar 2,225 sehingga thitung>ttabel atau 2,225>1.990dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (3) persepsi siswa mengenai ketrampilan mengajar guru dan kedisiplinan siswa secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas VII SMP N 2 Kartasura. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 26,097>Ftabel (3,190) dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (4) variabel persepsi siswa mengenai ketrampilan mengajar guru memberi sumbangan efektif 21,061% dan SR 73,90% variabel kedisiplinan siswa memberi sumbangan efektif 7,43% dan SR 26,1% total sumbangan efektif kedua variabel 28,5% dan sisanya 71,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi siswa mengenai ketrampilan mengajar guru, kedisiplinan, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Oct 2014 08:57 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 12:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30495 |
Actions (login required)
View Item |