Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Media Pembelajaran Guru Dan Kepemimpinan Guru Terhadap Prestasi Belajar Kewirausahaan Pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sragen Tahun Ajaran 2013/2014

Setiawan, Hanung Adi and , Drs. Djumali, M.Pd. (2014) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Media Pembelajaran Guru Dan Kepemimpinan Guru Terhadap Prestasi Belajar Kewirausahaan Pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (208kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi siswa tentang media pembelajaran guru terhadap prestasi belajar, 2) pengaruh kepemimpinan guru terhadap prestasi belajar, 3) pengaruh persepsi siswa tentang media pembelajaran guru dan kepemimpinan guru terhadap prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Sragen tahun ajaran 2013/2014 berjumlah 160 siswa dengan sampel sebanyak 110 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y= 14,138 + 1,000X1 + 0,486X2, artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang media pembelajaran guru dan kepemimpinan guru. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) persepsi siswa tentang media pembelajaran guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel persepsi siswa tentang media pembelajaran guru sebesar 5,338 sehingga thitung > ttabel atau 5,338 > 1,982 (α0,05). (2) persepsi siswa tentang kepemimpinan guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel persepsi siswa tentang kepemimpinan guru sebesar 2,248 sehingga thitung > ttabel atau 2,248 > 1,982 (α 0,05). (3) persepsi siswa tentang media pembelajaran guru dan persepsi siswa tentang kepemimpinan guru secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Kewiraushaan siswa kelas X SMK Negeri 1 Sragen tahun ajaran 2013/2014. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 36,065 lebih besar dari Ftabel 3,081 pada taraf signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,403, dengan kontribusi persepsi siswa tentang media pembelajaran guru sebesar 37,4% dan kontribusi persepsi siswa tentang kepemimpinan guru sebesar 2,9%, berarti 40,3% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh variabel persepsi siswa tentang media pembelajaran guru dan persepsi siswa tentang kepemimpinan guru, sisanya sebesar 59,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, kepemimpinan guru, prestasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Oct 2014 08:48
Last Modified: 13 Oct 2021 12:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30494

Actions (login required)

View Item View Item