Innovation Business Canvas Model Pada Produk Dholpine Yang Ramah Lingkungan

Ardiana, Ardiana and , Ratnanto Fitriadi, ST., MT and , Siti Nandiroh, S.T., M.Eng. (2014) Innovation Business Canvas Model Pada Produk Dholpine Yang Ramah Lingkungan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (696kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (750kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)

Abstract

Saat ini banyak berkembang obat anti nyamuk baik itu elektrik, lotion, bakar, cair, maupun kertas. Bayaknya variasi produk tersebut, sehingga menyebabkan ketidakcocokan konsumen terhadap produk dan bahan-bahan yang digunakan bayak mengandung bahan kimia yang dapat mengganggu kesehatan. Pada permasalahan tersebut terdapat peluang untuk membuat produk inovatif obat anti nyamuk yang ramah lingkungan yaitu Dholpine Techno dengan konsep matic berbentuk gel. Tujuan peneliti dalam penelitian ini yaitu mengalisis kelayakan model bisnis produk Dholpine Techno menggunakan Business Canvas Model, menyusun rancangan inovasi model bisnis menggunakan alat bantu Business Canvas Model, dan Value proposition untuk konsumen dengan teknologi matic yang berbentuk gel yang ramah lingkungan. Inovasi model bisnis menggambarkan dasar pemikiran perusahaan bagaimana memberikan value proposition untuk konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan tools Business Canvas Model yang terdiri dari sembilan blok bangunan yaitu customer segment, value propotion, channel, customer relationship, revenue stream, key resources, key aktivities, key partnership, cost structur. Hasil dari penelitian ini yaitu dilihat dari perbandinagan revenue stream dan cost structure dan menganalisa payback periode yang didapatkan hasil perhitungan bahwa payback periode 11 bulan, maka usaha Dholpine Techno dapat untuk dijalankan, merancang model bisnis dengan tools Business Canvas Model dapat menggambarkan rancangan strategi model bisnis perusahaan sehingga dapat menemukan ide-ide baru dalam berbisnis terutama pada value propotion, dan Inovasi Obat anti nyamuk yang memiliki bayak varian diantaranya aroma lavender, jeruk nipis, kayu putih, sereh wangi, dan juga kombinasi, serta beraromaterapi dan pengharum ruangan

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Business Canvas Model, Inovasi, Model bisnis, Value Proposition
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Oct 2014 09:51
Last Modified: 17 Oct 2021 22:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30480

Actions (login required)

View Item View Item