ROKHAYATI, ENY and , Siti Nandiroh, S.T., M.Eng. and , Etika Muslimah, S.T., M.M., M.T. (2014) Analisis pengukuran branding image sebagai upaya peningkatan pemasaran produk tenun ikat torso (Studi Kasus: Tenun Ikat Sri Rejeki). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (598kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (469kB) |
|
|
PDF (Bab I )
BAB_I.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Bab II )
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
||
PDF (Bab III )
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
||
PDF (Bab IV )
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (671kB) |
||
PDF (Bab V )
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Sentra Tenun Troso merupakan industri kain tenun yang bertempat di Desa Troso, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara. Tenun Troso menjadi ciri khas bagi warga Jepara ketika produk kain tenun bisa sampai ke luar kota seperti Jakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Lombok. Namun, hal tersebut menjadi berbeda ketika wisatawan tidak tahu bahwa produksi kain tenun ikat diproduksi dari Jepara. Kain tenun yang ada di sana lebih dikenal dengan sebutan kain pelangi. Sementara itu, minat masyarakat di Jepara terhadap kain tenun juga masih minim. Pada penelitian ini dilakukan benchmaking terhadap produk tenun ikat Klaten sebagai pembanding image produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut-atribut brand image dan mengetahui atribut branding image yang dominan terhadap peningkatan pemasaran Tenun Ikat Troso. Data diambil melalui penyebaran kuesioner kepada 85 responden dengan kriteria konsumen melakukan pembelian kain tenun ikat. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Purposive Sampling. Hal ini bertujuan untuk menjamin keakuratan data yang dikumpulkan. Permasalah dalAm penelitian ini, akan diselesaikan menggunakan analisis SEM (Structural Equation Models) yang menjelaskan keterkaitan variabel secara kompleks dan serta efek langsung maupun tidak langsung dari satu atau beberapa variabel terhadap variabel lainnya. Hasil pengujian mengidentifikasi hubungan yang signifikan, produk berpengaruh terhadap branding image untuk meningkatkan pemasaran produk tenun ikat Troso. Hal ini menjelaskan bahwa semakin baik produk yang dihasilkan maka semakin tinggi branding image untuk meningkatkan pemasaran produk tenun ikat Troso. Kepuasan pelayanan berpengaruh terhadap branding image untuk meningkatkan pemasaran produk tenun ikat Troso. Hal ini menjelaskan, bahwa semakin baik tingkat kepuasan pelayanan yang diberikan kepada konsemen maka semakin tinggi branding image untuk meningkatkan pemasaran produk tenun ikat Troso.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Benchmarking, Branding Image, Purposive Sampling, SEM (Structural Equation Models). |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 14 Oct 2014 13:23 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 22:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30466 |
Actions (login required)
View Item |