WINARDI, EKO and , Mila Faila Sufa, S.T., M.T. and , Ratnanto Fitriadi, ST., MT (2014) Analisis tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan rumah sakit menggunakan metode importance performance analysis (ipa) dan potential gain in customer value (pgcv) (Studi Kasus : RS PKU Aisyiyah Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF ( Bab I )
BAB_I.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Bab II )
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (388kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
||
PDF ( Bab IV )
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) |
||
PDF (Bab V )
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
|
PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Kesehatan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat. Untuk itu banyak berdiri industri jasa di bidang kesehatan, baik negeri maupun swasta. Dari data statistik menunjukkan jumlah penduduk kabupaten Boyolali tahun 2013 adalah 959.732 jiwa dan terdapat 12 rumah sakit. Tentunya hal ini akan menyebabkan terjadi persaingan bisnis antar rumah sakit sebagai industri pemberi jasa. Untuk itu setiap rumah sakit perlu meningkatkan kualitas pelayanan guna memenuhi kepuasan pasien. Rumah Sakit PKU Aisyiyah Boyolali adalah salah satu rumah sakit swasta di kabupaten Boyolali yang perkembangannya cukup pesat. Dan salah satu misinya yaitu menyelenggarakan peningkatan mutu dan keselamatan pasien lewat pendidikan, pelatihan, pengembangan sikap, ilmu dan keterampilan karyawan. Usaha untuk mewujudkan misi tersebut tentunya harus didukung dengan kualitas pelayanan kesehatan yang baik dan memuaskan pasien Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan yang diberikan pihak rumah sakit. Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada pasien rawat inap dan selanjutnya dilakukan pengolahan data dengan berbagai tahap yaitu uji kecukupan data, uji validitas dan reliabilitas, analisis kepuasan dan prioritas perbaikan dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis dan Potential Gain in Customer Value. Hasil dari pengolahan data ini terdapat 6 atribut yang memiliki kinerja rendah sedangkan tingkat kepentingannya tinggi sehingga perlu adanya perbaikan pelayanan. Keenam atribut ini adalah kebersihan toilet (WC) yang tersedia di rumah sakit (7.57), ketepatan dan kesesuaian jadwal pelayanan rumah sakit yang dijalankan (6.13), pengetahuan dan kemampuan para dokter menetapkan diagnosis penyakit (5.33), kemampuan dokter dan perawat untuk cepat tanggap dan mampu mengatasi keluhan yang disampaikan pasien (5,11), perhatian terhadap keluhan pasien dan keluarganya (5.08), adanya fasilitas peralatan modern (rontgen, USG, CT-Scan) (5.00).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Importance Performance Analysis, Jasa, Kualitas Pelayanan, Rumah Sakit, Potential Gain in Customer Value. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 14 Oct 2014 13:06 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 22:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30462 |
Actions (login required)
View Item |