ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS, MODEL/BENTUK, DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR SUZUKI SHOGUN 125 DI KOTA SURAKARTA

SAPUTRO , ANDRI NUGROHO (2009) ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS, MODEL/BENTUK, DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR SUZUKI SHOGUN 125 DI KOTA SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100050124.pdf

Download (57kB)
[img] PDF
B100050124.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/B100/B1000...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh harga, kualitas, model/bentuk dan iklan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Suzuki Shogun 125 dan mengetahui pengaruh harga, kualitas, model/bentuk dan iklan yang paling dominan untuk mempengaruhi keputusan konsumen dalam keputusan pembelian sepeda motor Suzuki Shogun 125. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk menemukan langkah-langkah selanjutnya di bidang pemasaran dalam menentukan kebijaksanaan perusahan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Penelitian ini mengambil populasi konsumen pengguna sepeda motor Suzuki Shogun 125, sedangkan sampel penelitian adalah 100 konsumen pengguna sepeda motor Suzuki Shogun 125 dengan random sampling sebagai teknik pengambilannya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan Y = -2,526 + 0,282X1 + 0,287X2 + 0,262X3 + 0,298X4. Harga (X1) diperoleh nilai thitung sebesar 2,992. 2,992 > 1,985 (p= 0,004 < 0,05); sehingga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian motor Suzuki Shogun 125. Kualitas (X1) diperoleh nilai thitung sebesar 3,588 > 1,985 (p= 0,003 < 0,05); sehingga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian motor Suzuki Shogun 125. Model (X3) diperoleh nilai thitung sebesar 3,070 > 1,985 (p= 0,003 < 0,05); sehingga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian motor Suzuki Shogun 125. Iklan (X4) diperoleh nilai thitung sebesar 3,715 > 1,985 (p= 0,000 < 0,05); sehingga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian motor Suzuki Shogun 125. Berdasarkan hasil analisis uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 60,903 > 2,60 (p= 0,000 < 0,05); sehingga harga, kualitas, model dan iklan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian motor Suzuki Shogun 125. Hasil perhitungan untuk nilai R2 dengan bantuan program SPSS 15.0 for windows, dalam analisis regresi berganda diperoleh angka koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,713. Hal ini berarti keputusan pembelian konsumen pada motor Suzuki Shogun 125 dipengaruhi oleh variasi harga, kualitas, model dan iklan sebesar 71,9%. Sementara sisanya sebesar 28,1% diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa iklan mempunyai nilai koefieisen beta sebesar 0,284 yang lebih besar jika dibandingkan dengan variabel-variabel yang lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa iklan lebih dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada motor Suzuki Shogun 125 dibandingkan dengan variabel yang lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: harga, kualitas, model, iklan, keputusan pembelian
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 23 Jun 2009 03:21
Last Modified: 25 Oct 2011 05:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3045

Actions (login required)

View Item View Item