Analisis Hubung Singkat Tiga Fase Line To Ground Pada Sistem Distribusi Standar IEEE 13 Bus Dengan Menggunakan Software Etap Power Station 7.0

INDRIANTO, INDRIANTO and , Agus Supardi, S.T., M.T and , Aris Budiman, S.T., M.T. (2014) Analisis Hubung Singkat Tiga Fase Line To Ground Pada Sistem Distribusi Standar IEEE 13 Bus Dengan Menggunakan Software Etap Power Station 7.0. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._Naskah_Publikasi.pdf

Download (875kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
1._Halaman_Depan.pdf

Download (361kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)

Abstract

Distribusi adalah penyalur tenaga listrik ke masyarakat. Oleh karena itu, jaringan distribusi merupakan bagian jaringan listrik yang paling dekat dengan masyarakat. Sistem distribusi yang diteliti dalam hal ini adalah sistem distribusi standar IEEE 13 bus. Penyaluran tenaga listrik ke konsumen sering kali mengalami kendala berupa gangguan hubung singkat yang dapat mengakibatkan terganggunya penyaluran tenaga listrik. Gangguan hubung singkat merupakan suatu hubungan abnormal pada impedansi yang relatif terjadi secara kebetulan atau disengaja antara dua titik yang mempunyai potensial yang berbeda. Gangguan hubung singkat ditimbulkan oleh hubung singkat antar fase atau hubung singkat fase ke tanah. Dalam penelitian ini akan dilakukan analisis arus hubung singkat line to ground pada sistem distribusi standard IEEE 13 bus dengan menggunakan Power Station 7.0. Penelitian dilakukan dengan membuat model sistem distribusi standar13 bus dengan menggunakan ETAP Power Station 7.0. Data-data sistem yang diperlukan kemudian dimasukkan ke dalam model tersebut. Setelah modelnya lengkap kemudian dilakukan simulasi aliran daya untuk mengetahui apakah model yang dibuat sudah sempurna atau belum. Kemudian ditentukan lokasi yang akan terjadi gangguan hubung singkat line to ground, dalam hal ini lokasi hubung singkat dilakukan pada bus 671 Hasil simulasi menunjukkan bahwa gangguan hubung singkat line to ground jika semakin jauh bus tersebut dari power grid, maka impedansi salurannya akan semakin besar. Semakin besar impedansi salurannya maka arus hubung singkat akan semakin kecil, hubung singkat line to ground pada bus 671 hanya mempengaruhi bus 632, bus 633, bus 634, bus 671,bus 692 dan bus 675. Juga didapat hasil bahwa arus gangguan pada bus 671 dengan perhitungan ETAP sebesar 4519.00 A sedangkan dalam perhitungan manual sebesar 4305.55 A. Perbedaan ini dikarenakan pembulatan dalam perhitungan yang dilakukan. Dengan nilai arus yang telah diketahui dapat ditentukan kapasitas circuit breaker sebagai pengaman ketika terjadi gangguan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hubung singkat line to ground, Sistem distribusi 13 bus, ETAP Power Station
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 13 Oct 2014 13:03
Last Modified: 17 Oct 2021 01:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30438

Actions (login required)

View Item View Item