Hendarto, Riki and , Ir. Pramuko Ilmu Purboputro, MT. and , Wijianto, ST, M.Eng, Sc. (2014) Pengaruh Komposisi Kompon Ban Pada Koefisien Grip Dengan Lintasan Semen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
11.NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (612kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
1.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (810kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2.BAB_I.pdf Download (150kB) |
|
PDF (Bab II)
3.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (681kB) |
||
PDF (Bab III)
4.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab IV)
5.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (722kB) |
||
PDF (Bab V)
6.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
8.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi kompon ban pada koefisien grip pada lintasan semen. Komposisi kompon terdiri dari campuran karet mentah dengan bahan-bahan kimia yang belum divulkanisasi. Karet yang digunakan adalah karet alam RSS dan karet sintetis SBR, sedangkan bahan kimia yang digunakan adalah bahan pelunak, filler (bahan pengisi), anti oksidan, akselerator dan bahan kimia lainnya . Pencampuran karet dengan bahan kimia dilakukan dengan menggunakan alat two roll mixing dengan suhu ±550C. Proses pencampuran dimulai dari mencampur karet alam dan sintesis hingga menyatu dan lunak, kemudian mencampur bahan kimia hingga menyatu ± 60 menit. Proses selanjutnya vulkanisasi dengan menggunakan part mold yang dipers dengan suhu 1200C selama 30 menit. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, komposisi kompon sangat berpengaruh terhadap koefisien grip ban. Penambahan carbon black dan sulfur pada spesimen kompon sangat berpengaruh terhadap koefisien grip ban. Pada kompon variasi 1 dengan komposisi 30% carbon black dan 2% sulfur dari jumlah seluruh komposisi kompon, menghasilkan harga koefisien grip sebesar 0,653 kondisi lintasan kering dan 0,576 pada kondisi lintasan basah. Selain itu, penambahan carbon black dan sulfur juga berpengaruh pada kekerasan. Pada pengujian shore A terbesar pada kompon variasi 3 sebesar 77 dengan komposisi 33% carbon black dan 2,2 % sulfur.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompon karet, koefisien grip, lintasan semen. |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 11 Oct 2014 07:31 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 23:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30418 |
Actions (login required)
View Item |