ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA COUNTER TAZMANIA CELL DI KARANGANYAR

SETYANINGRUM , NOVITA WIWIN (2009) ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA COUNTER TAZMANIA CELL DI KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100050037.pdf

Download (261kB)
[img] PDF
B100050037.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mancari pengaruh dimensi kualitas pelayanan (reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangibles) secara parsial dan secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Counter Tazmania Cell di karanganyar, dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan non random sampling dengan metode purposive sampling. Teknik pengambilan sampel yang menyesuaikan diri dengan kriteria tertentu dimana penulis memberikan kuesioner kepada setiap individu yang ditemui dengan kriteria tertentu. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan: 1) Analisis regresi linier berganda didapat persamaan regresi sebagai berikut: Y = -2,114 + 0,264X1 + 0,556X2 + 0,217X3 + 0,266X4 +0,201X5. artinya bahwa terdapat pengaruh positif dimensi kualitas pelayanan (reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangibles) terhadap kepuasan konsumen; 2) Hasil uji thitung didapatkan nilai probabilitas masing-masing variabel jauh di bawah 0,05, maka variabel reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangibles secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen, dan dari uji t didapat variabel responsiveness merupakan variabel paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen; 3) Uji F di dapat nilai Fhitung dengan probabilitas jauh di bawah 0,05 maka variabel reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangibles secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen; 4) Hasil analisis uji koefisien determinasi dapat disimpulkan bahwa 71% kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen yang terdiri dari variabel reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangibles. Sedangkan sisanya 29% dipengaruhi faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Berdasarkan temuan-temuan di atas, maka diajukan saran pada perusahaan untuk meningkatkan kepuasan konsumen melalui indikator-indikator dari faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Service quality, reliability, responsiveness, assurance, empathy, tangibles and costumer satisfaction
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 23 Jun 2009 01:54
Last Modified: 16 Nov 2010 18:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3041

Actions (login required)

View Item View Item