Febriyaningrum, Retno and , Dra. Hariyatmi, M.Si (2014) Kemampuan Guru IPA Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di SMP Boyolali Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (637kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (29kB) |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
Abstract
Kurikulum 2013 dikembangkan untuk meningkatkan pencapaian pendidikan yang dilakukan dengan dua strategi utama yaitu peningkatan efektivitas pembelajaran pada suatu pendidikan dan penambahan waktu belajar di sekolah. Kemampuan seorang guru dapat dilihat pada saat pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Adanya penerapan Kurikulum 2013, guru harus mulai terbiasa dengan adanya peraturan yang telah ditetapkan pemerintah dengan strategi yang digunakan. Strategi pembelajaran Pendekatan ilmiah (scientific appoach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud meliputi mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta untuk semua mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Guru IPA dalam penerapan Kurikulum 2013 di SMP Boyolali Tahun 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif non hipotesis. Metode penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif non hipotesis, yaitu dilakukan dengan mencari sumber sebanyak-banyaknya kemudian menarik kesimpulan dari semua sumber yang diperoleh berupa kalimat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi pembelajaran di kelas dan dokumentasi. Kemampuan guru IPA dalam penerapan kurikulum 2013 di SMP Boyolali tahun 2013/2014 pada dasarnya sudah sangat baik (80.87%), terbukti pada proses perencanaan yang sudah baik (80.73%) dan proses pelaksanaan yang sudah baik (81.02%). Namun pada proses perencanaan lemah pada komponen sumber belajar yang baik (62.50%) dan pada proses pelaksanaan lemah pada komponen kegiatan pendahuluan, penguasaan materi dan sumber belajar (75%) sedangkan komponen lainnya sudah terlihat sangat baik.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan guru, kurikulum 2013, scientific approach |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Musyarofah Siti |
Date Deposited: | 10 Oct 2014 12:47 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 00:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30407 |
Actions (login required)
View Item |