Mulyaningtyas, Septa Eka and , Drs. Suharjo, M.S (2014) Hubungan Kesiapsiagaan Bencana Gempabumi Dengan Proses Pembelajaran Siswa Kelas VII A, B, Dan E Di SMP Negeri 1 Tulung Di Kecamatantulung Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (137kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (916kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (623kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (35MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk, (1) Mengetahui kesiapsiagaan bencana gempabumi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tulung Klaten, (2) Mengetahui proses pembelajaran siswa kelas VII A, B, dan E di SMP Negeri 1 Tulung Klaten, (3) Mengetahui hubungan kesiapsiagan bencana gempabumi dengan proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Tulung Klaten. Metode data pengumpulan dalam penelitian ini menggunakan angket, teknik analisis dengan deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tulung sejumlah 95 siswa. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Dimana peneliti menganalisis tingkat kesiapsiagaan, proses pembelajaran, dan hubungan diantara keduanya. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Kesiapsiagaan siswa kelas VII memperoleh skor riil sebesar 3.036, masuk dalam kategori cukup/sedang/sudah ada tetapi belum berjalan. (2) Proses pembelajarannya masuk dalam kategori cukup, (3) Terdapat hubungan antara kesiapsiagaan siswa kelas VII dengan proses pembelajaran IPS Geografi namun lemah, memperoleh nilai korelasi sebesar 0,174 > 0,05.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses Pembelajaran, Hubungan Kesiapsiagaan dengan Proses Pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 24 Sep 2014 12:55 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 14:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30281 |
Actions (login required)
View Item |