Khoiriyah, Umi and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2014) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SDN Sitimulyo 02 Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._naskah_publikasi.pdf Download (676kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._halaman_depan.pdf Download (397kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (155kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (720kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Sitimulyo 02 yang berjumlah 18 siswa. Sedangkan obyeknya adalah motivasi belajar, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, dan mata pelajaran IPS. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, post test, wawancara, dokumentasi dan angket. Prosedur penelitina meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan dan evaluasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Teknik Analisis Data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Adapun peningkatan hasil dapat dilihat dari prosentase motivasi siswa dalam pembelajaran IPS dari siklus I sampai siklus III. Pada siklus I prosentase motivasi siswa sebesar 60%, pada siklus II sebesar 83%, dan pada siklus III mencapai 100%. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah, Motivasi Belajar, IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Sep 2014 09:43 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 06:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30218 |
Actions (login required)
View Item |