Peningkatan Kemampuan Berdiskusi IPS Melalui Penerapan Strategi Point Counterpoint (Debat Pendapat) Pada Siswa Kelas IV SDN Karangmulyo Tahun Pelajaran 2013/ 2014

Srimulyati, Srimulyati and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2014) Peningkatan Kemampuan Berdiskusi IPS Melalui Penerapan Strategi Point Counterpoint (Debat Pendapat) Pada Siswa Kelas IV SDN Karangmulyo Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (714kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (806kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berdiskusi IPS melalui strategi Point Counterpoint (Debat Pendapat). Penelitian yang digunakan ini adalah PTK. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes evaluasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IV dan guru SDN Karangmulyo pada tanggal 18 Pebruari-02 Juni 2014. Tahapan penelitian terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 3 siklus, siklus pertama, siklus kedua, dan siklus tiga dilakukan masing-masing satu kali pertemuan. Subjeknya siswa kelas IV SDN Karangmulyo yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 11 siswa putra dan 10 siswa putri dengan objek penelitiannya adalah Kemampuan berdiskusi siswa serta strategi .Point Counterpoint Indikator kemampuan berdiskusi siswa pada mata pelajaran IPS adalah sebagai berikut: (1) memusatkan perhatian; (2) menjelaskan masalah atau uraian pendapat; (3) menganalisis pandangan; (4) meningkatkan uraian; dan (5) menyebarkan kesempatan berpartisipasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berdiskusi siswa kelas IV SDN Karangmulyo setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Point Counterpoint. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I, siklus II dan siklus III. Pada tahap pra siklus diketahui kemampuan berdiskusi siswa rendah dengan presentase 42,1%. Pada siklus I terdapat siswa sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase kemampuan berdiskusi siswa 59,8%. Pada siklus II kemampuan berdiskusi siswa sangat baik dengan presentase 86,6% dan siklus III mengalami peningkatan 92,92%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan kemampuan berdiskusi siswa dengan penerapan strategi Point Counterpoint.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan; kemampuan berdiskusi IPS; strategi Point Counterpoint
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Sep 2014 09:15
Last Modified: 15 Oct 2021 05:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30217

Actions (login required)

View Item View Item