Hardiningtias, Nita Anggraeni and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2014) Penerapan Metode Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SDN Bringin Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (396kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (648kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (160kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.__LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS kelas V SDN Bringin tahun pelajaran 2013/2014. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Bringin yang berjumlah 33 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, tes. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data kualitatif dengan model interaktif, terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaiti: perencanaan, pelaksanaan, Observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS. Adapun peningkatan motivasi belajar dapat dilihat dari hasil observasi terhadap motivasi belajar IPS dari pra siklus sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi pada semua indikator pada setiap siklus. Indikator tekun sebanyak 66,67%, 72,72%, 90,90%, dan 93,93%. Indikator ulet sebanyak 30,30%, 48,48%, 84,84%, dan 87,87%. Indikator minat sebesar 54,55%, 69,69%, 93,93%, dan 96,97%. Indikator mandiri sebesar 33,33%, 51,51%, 87,87%, dan 93,93%. Indikator kreatif sebesar 42,42%, 48,48%, 81,81%, dan 87,87%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode Snowball Throwing dapat meningkatkan motivasi belajar IPS.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Hasil belajar, Metode Snowball Throwing |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Sep 2014 08:52 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 05:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30215 |
Actions (login required)
View Item |