Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas IV SSLB Sukoharjo Margorejo Pati Tahun Pelajaran 2013/2014

Purwanti, Eni and , Drs. Djumadi, M.Kes (2014) Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas IV SSLB Sukoharjo Margorejo Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._naskah_publikasi.pdf

Download (708kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (825kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (200kB)
[img]
Preview
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf

Download (179kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)

Abstract

Kemampuan Bercerita yang rendah ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture contekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan terdiri atas empat langkah. Subyek dan setting penelitian adalah siswa tunagrahita ringan kelas IV SDLB Negeri Suoharjo, Margorejo, Pati. Penelitian ini dilakukan melalui 3 (tiga) siklus, yaitu ; siklus I, siklus II dan siklus III. Data dikumpulkan dengan tes dan nontes, dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif. Data yang diperoleh diklasifikasikan berdasarkan aspek-aspek yang dijadikan fokus analisis, untuk mendeskripsikan keberhasilan penerapan model pembelajaran picture and picture contekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bercerita siswa sebelum diberi tindakan sebesar 30%. Setelah diberi tindakan menunjukkan bahwa pada siklus I meningkat 50%. Sedangkan pada siklus II meningkat lagi sebesar 80%, dan pada siklus III meningkat 100%. Berdasarkan pada indikator kerja, maka penelitian tindakan ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran picture and picture conteksual dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa tunagrahita ringan kelas IV SDLB Negeri Sukoharjo, Margorejo, Pati.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan bercerita, picture and picture, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Sep 2014 08:46
Last Modified: 15 Oct 2021 05:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30214

Actions (login required)

View Item View Item