Purwanti, Eni and , Drs. Djumadi, M.Kes (2014) Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas IV SSLB Sukoharjo Margorejo Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._naskah_publikasi.pdf Download (708kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (825kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (200kB) |
|
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Download (179kB) |
|
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (639kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (83kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (894kB) |
Abstract
Kemampuan Bercerita yang rendah ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture contekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan terdiri atas empat langkah. Subyek dan setting penelitian adalah siswa tunagrahita ringan kelas IV SDLB Negeri Suoharjo, Margorejo, Pati. Penelitian ini dilakukan melalui 3 (tiga) siklus, yaitu ; siklus I, siklus II dan siklus III. Data dikumpulkan dengan tes dan nontes, dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif. Data yang diperoleh diklasifikasikan berdasarkan aspek-aspek yang dijadikan fokus analisis, untuk mendeskripsikan keberhasilan penerapan model pembelajaran picture and picture contekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bercerita siswa sebelum diberi tindakan sebesar 30%. Setelah diberi tindakan menunjukkan bahwa pada siklus I meningkat 50%. Sedangkan pada siklus II meningkat lagi sebesar 80%, dan pada siklus III meningkat 100%. Berdasarkan pada indikator kerja, maka penelitian tindakan ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran picture and picture conteksual dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa tunagrahita ringan kelas IV SDLB Negeri Sukoharjo, Margorejo, Pati.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan bercerita, picture and picture, Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Sep 2014 08:46 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 05:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30214 |
Actions (login required)
View Item |