Fa’uni, Arini Mayan and , Dr. Darsinah, M.Si (2014) Meningkatkan Kemampuan Matematika Sederhana Melalui Permainan Geometri Pada Anak Kelompok A RA Al Islam Kadipiro Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2013-2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (7MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (151kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (71MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan matematika sederhana melalui permainan geometri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah anak RA Al Islam Kelompok A Kecamatan Sambirejo, Sragen yang berjumlah 20 anak sebagai penerima tindakan dan guru sebagai pemberi tindakan di RA Al Islam Kadipiro Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2013-2014. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tentang kemampuan matematika sederhana dan data mengenai pembelajaran permainan geometri. Kedua data tersebut dikumpulkan melalui metode observasi. Tehnik analisis data kemampuan matematika menggunakan analisis komparatif. Analisis data penggunaan pembelajaran permainan geometri menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan matematika anak didik melalui permainan geometri. Hasil ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata hasil kemampuan matematika sederhana anak sebelum tindakan adalah 36% atau rata-rata anak Belum Berkembang, siklus I mencapai 53% atau rata-rata anak Mulai Berkembang dan siklus II mencapai 80,46% atau rata-rata anak Berkembang Sesuai Harapan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan geometri dapat meningkatkan kemampuan matematika sederhana anak pada kelompok A RA Al Islam Kadipiro, Kecamatan Sambirejo Kabupaten Sragen, tahun ajaran 2013-2014,
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Matematika Sederhana, Permainan Geometri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Sep 2014 07:49 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 06:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30210 |
Actions (login required)
View Item |