Meningkatkan Kemampuan Matematika Sederhana Melalui Permainan Geometri Pada Anak Kelompok A RA Al Islam Kadipiro Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2013-2014

Fa’uni, Arini Mayan and , Dr. Darsinah, M.Si (2014) Meningkatkan Kemampuan Matematika Sederhana Melalui Permainan Geometri Pada Anak Kelompok A RA Al Islam Kadipiro Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2013-2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (258kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan matematika sederhana melalui permainan geometri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah anak RA Al Islam Kelompok A Kecamatan Sambirejo, Sragen yang berjumlah 20 anak sebagai penerima tindakan dan guru sebagai pemberi tindakan di RA Al Islam Kadipiro Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2013-2014. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tentang kemampuan matematika sederhana dan data mengenai pembelajaran permainan geometri. Kedua data tersebut dikumpulkan melalui metode observasi. Tehnik analisis data kemampuan matematika menggunakan analisis komparatif. Analisis data penggunaan pembelajaran permainan geometri menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan matematika anak didik melalui permainan geometri. Hasil ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata hasil kemampuan matematika sederhana anak sebelum tindakan adalah 36% atau rata-rata anak Belum Berkembang, siklus I mencapai 53% atau rata-rata anak Mulai Berkembang dan siklus II mencapai 80,46% atau rata-rata anak Berkembang Sesuai Harapan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan geometri dapat meningkatkan kemampuan matematika sederhana anak pada kelompok A RA Al Islam Kadipiro, Kecamatan Sambirejo Kabupaten Sragen, tahun ajaran 2013-2014,

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Matematika Sederhana, Permainan Geometri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Sep 2014 07:49
Last Modified: 20 Oct 2021 06:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30210

Actions (login required)

View Item View Item