ANALISA GAYA KEPEMIMPINAN DAN KUALITAS LAYANAN INTERNAL TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA CV. BINA CIPTA PERSONA PATI

LAKSONO , JOHAN AJI (2009) ANALISA GAYA KEPEMIMPINAN DAN KUALITAS LAYANAN INTERNAL TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA CV. BINA CIPTA PERSONA PATI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100050022.pdf

Download (158kB)
[img] PDF
B100050022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel gaya kepemimpinan dan kualitas layanan internal mempunyai pengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan di CV. Bina Cipta Persona. BERDASARKAN hasil penelitian diharapkan dapat memberikan masukan pada CV. Bina Cipta Persona, untuk menentukan kebijaksanaan terhadap seluruh akativitas dan kegiatan yang dilaksanakan oleh perusahaan serta peningkatan usaha pengelolaan sumber daya manusia yang lebih efektif. Untuk menjawab hipotesis dalam penelitian digunakan alat analisis analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan CV. Bina Cipta Persona yang berjumlah 120 orang, sedangkan sampel yang diambil adalah sejumlah 40 karyawan CV. Bina Cipta Persona dengan random sampling sebagai teknik penentuan sampel. Berdasrkan hasil penelitian diketahui bahwa gaya kepemimpinan (X1) dengan nilai thitung = 2,048 > 2,040; sehingga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan karyawan CV. Bina Cipta Persona. Kerjasama (X2.1) dengan nilai thitung = 2,301 > 2,040; sehingga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan karyawan CV. Bina Cipta Persona. Kesesuaian terhadap pekerjaan (X2.2) dengan nilai thitung = 2,174 > 2,040; sehingga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan karyawan CV. Bina Cipta Persona. Kesesuaian terhadap teknologi (X2.3) dengan nilai thitung = 0,779 < 2,040; sehingga secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan karyawan CV. Bina Cipta Persona. Kemampuan kontrol diri (X2.4) diperoleh nilai thitung = 0,107 < 2,040; sehingga secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan karyawan CV. Bina Cipta Persona. Sistem pengontrolan pengawasan (X2.5) dengan nilai thitung = 2,987 > 2,040; sehingga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan karyawan CV. Bina Cipta Persona. Konflik peran (X2.6) dengan nilai thitung = -0,233 < 2,040; sehingga secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan karyawan CV. Bina Cipta Persona. Ambiguitas peran (X2.7) diperoleh nilai thitung = -0,083 < 2,040; sehingga secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan karyawan CV. Bina Cipta Persona. Berdasarkan hasil perhitungan F statistik diperoleh Fhitung = 14,298 > 2,27; sehingga gaya kepemimpinan, kerjasama, kesesuaian pekerjaan, kesesuaian teknologi, kontrol diri, sistem pengawasan, konflik peran, ambiguitas peran secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan karyawan CV. Bina Cipta Persona. Nilai koefisien determinasi (R2) adalah sebesar 0,787. Hal ini berarti bahwa gaya kepemimpinan, kerjasama, kesesuaian pekerjaan, kesesuaian teknologi, kontrol diri, sistem pengawasan, konflik peran, ambiguitas peran dapat menjelaskan tentang perubahan kepuasan karyawan pada CV. Bina Cipta Persona sebesar 78,7%, sedangkan sisanya sebesar 21,3% dapat dijelaskan oleh variabel yang lain di luar model. Sistem pengontrolan pengawasan merupakan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan karyawan CV. Bina Cipta Persona.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya kepemimpinan, kerjasama, kesesuaian pekerjaan, kesesuaian teknologi, kontrol diri, sistem pengawasan, konflik peran, ambiguitas peran, kepuasan kerja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2009 08:33
Last Modified: 16 Nov 2010 18:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3021

Actions (login required)

View Item View Item