Yitno, Tri and , Drs. Djumadi, M.Kes (2014) Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Model Pembelajaran Number Heads Together Pada Siswa Kelas IV SDN Jimbaran 02 Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (410kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (555kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (155kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui strategi Number Heads Together Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IV dan guru SDN Jimbaran 02 pada tanggal 26 Mei sampai 2 Juni 2014. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 3 siklus, siklus pertama, kedua, dan ketiga dilakukan masing-masing satu kali pertemuan. Subyeknya Siswa kelas IV SDN Jimbaran 02 yang berjumlah 13 siswa dan obyeknya adalah hasil belajar siswa melalui strategi Number Heads Together.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkata hasil belajar siswa kelas IV SDN Jimbaran 02 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi number heads together. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I, siklus II, dan Siklus III. Pada tahap pra siklus diketahui hasil belajar mencapai 31%. Pada siklus I hasil belajar sedikit meningkat pada tahap sedang yang memenuhi KKM mencapai 38%, siklus II hasil belajar siswa yang memenuhi KKM mencapai 85%, dan pada siklus III hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang sangat baik dengan presentase 92%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan hasil belajar dengan penerapan strategi pembelajaran number heads together
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kunci:peningkatan, hasil belajar IPA, model pembelajaran number . heads together |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Sep 2014 07:27 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 04:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30208 |
Actions (login required)
View Item |