Upaya Mengembangkan Kreativitas Melalui Menggambar Dengan Melihat Benda Nyata Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah IV Sragen Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014

KUSKANDARWATI, RITA and , Drs. Ilham Sunarya, M.Pd. (2014) Upaya Mengembangkan Kreativitas Melalui Menggambar Dengan Melihat Benda Nyata Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah IV Sragen Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00_Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
09_NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH_.pdf

Download (454kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas melalui menggambar dengan melihat benda nyata. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelompok B di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah IV Kecamatan Sragen Tahun 2013/2014. Sementara subjek pemberi tindakan adalah peneliti sendiri berkolaborasi dengan guru kelas. Data perkembangan kreativitas anak dan data pembelajaran guru dikumpulkan dengan observasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan analisis komparatif dan interaktif. Analisis data perkembangan kreativitas anak menggunakan analisis komparatif. Sementara analisis data pembelajaran oleh guru menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata perkembangan kreativitas anak sebelum tindakan adalah 30%, dengan status perkembangan mulai berkembang (MB). Setelah dilakukan pembelajaran melalui melihat dengan benda nyata pada siklus I perkembangan kreativitas anak meningkat menjadi 70%, yang berarti status perkembangan berada pada tahap Berkembang Sesuai Harapan (BSH) pada siklus II kemampuan kreativitas anak meningkat menjadi 92%, yang berarti status perkembangannya berada pada tahap Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Kesimpulannya adalah melalui menggambar dengan melihat benda nyata perkembangannya meningkat pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah IV Kecamatan Sragen Tahun Ajaran 2013/ 2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mengembangkan kreativitas, menggambar melalui melihat benda nyata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 16 Sep 2014 13:14
Last Modified: 20 Oct 2021 06:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30195

Actions (login required)

View Item View Item