Upaya Mengembangkan Fisik Motorik Kasar Anak melalui Bermain Outdoor Pada Kelompok A TK Pertiwi III Blimbing Kecamatan Sambirejo Kabupaten Sragen tahun Ajaran 2013/2014.

SUPARMI, SUPARMI and , Drs. Surtikanti, S.H., M.Pd. (2014) Upaya Mengembangkan Fisik Motorik Kasar Anak melalui Bermain Outdoor Pada Kelompok A TK Pertiwi III Blimbing Kecamatan Sambirejo Kabupaten Sragen tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (789kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02._BAB_I.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab II)
03._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab III)
04._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
08._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (175kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan fisik motorik kasar anak melalui bermain out door di Kelompok A TK Pertiwi III Blimbing, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas, sebagai subyek dari penelitian ini adalah peserta didik kelompok A TK Pertiwi III Blimbing yang berjumlah 26 anak.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dan analisis teknis komparatif yang memiliki tiga komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui bermain outdoor dapat mengembangkan fisik motorik kasar. Pada pra siklus dari 26 anak yang kemampuan bermain outdoornyaberkembang sesuai harapan (BSH) baru 2 anak dengan rata-rata persentase mencapai 37,30%,pada siklus I meningkat menjadi 24 anak dengan rata-rata persentase meningkat menjadi 68,07% dan meningkat lebih baik lagi pada siklus II yaitu menjadi 26 anak dengan persentase rata-rata sebesar 82,30%. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa dalam proses pembelajaran pengembangan fisik motorik kasar dengan menggunakan metode bermain outdoor dapat mengembangkan fisik motorik kasar anak dan telah mencapai hasil yang diharapkan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bermain outdoor, fisik motorik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 16 Sep 2014 12:48
Last Modified: 20 Oct 2021 06:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30192

Actions (login required)

View Item View Item