Pengembangan kemampuan membaca permulaan melalui permainan kartu gambar pada kelompok b tk pertiwi 03 jaten sawahan karanganyar tahun ajaran 2013/2014

Permai, Lina and , Drs. Djaelani, M.Pd. (2014) Pengembangan kemampuan membaca permulaan melalui permainan kartu gambar pada kelompok b tk pertiwi 03 jaten sawahan karanganyar tahun ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (766kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I )
BAB_I.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Bab II )
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab III )
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab IV )
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab V )
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (217kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini di TK Pertiwi 03 Jaten Sawahan Karanganyar Tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan melalui permainan kartu gambar dengan subjek kelompok B TK Pertiwi 03 Jaten yang berjumlah 11 anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil perhitungan tiap siklus tindakan pengembangan kemampuan membaca permulaan melalui permainan kartu bergambar diperoleh hasil pada saat Pra siklus rata-rata dalam satu kelas mencapai 1,8, anak yang mampu membaca sebanyak 2 anak dengan prosentase 18,1%, sedangkan pada siklus I rata-rata dalam satu kelas 2,4, anak yang sudah dapat membaca meningkat menjadi 6 anak dengan prosentase 54,5% dan siklus II rata-rata dalam satu kelas 3,0 anak yang mampu membaca meningkat menjadi 9 anak dengan prosentase mencapain 81,8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa upaya pengembangan kemampuan membaca permulaan pada TK kelompok B di TK Pertiwi 03 Jaten Sawahan Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014 dikatakan berhasil karena hasil pada siklus II mencapai 81,8% melebihi target yang telah ditentukan yaitu 75%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Membaca permulaan, permainan, kartu gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 15 Sep 2014 12:55
Last Modified: 19 Oct 2021 15:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30178

Actions (login required)

View Item View Item