INDARTI, INDARTI and , Dr. Darsinah, M.Si (2014) Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Permainan Boneka Tangan Di Kelompok B TK Islam Unggulan Birrul Walidain Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (270kB) |
|
|
PDF (Bab I )
BAB_I.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Bab II )
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
PDF (Bab III )
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
PDF (Bab IV )
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
PDF (Bab V )
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (200kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui permainan boneka tangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelompok B di TKIU Birrul Walidain Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Sementara subyek pemberi tindakan adalah peneliti sendiri berkolaborasi dengan guru kelas. Obyek penelitian ini adalah kemampuan berbahasa anak dan pembelajaran melalui permainan boneka tangan. Data kemampuan berbahasa anak dan data pembelajaran guru dikumpulkan dengan observasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan analisis komparatif dan interaktif. Analisis data kemampuan berbahas anak menggunakan analisis komparatif. Sementara analisis data pembelajaran oleh guru menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berbahasa anak sebelum tindakan adalah 51,2 %, dengan status perkembangan Mulai Berkembang (MB). Setelah dilakukan pembelajaran melalui permainan boneka tangan pada siklus I kemampuan berbahasa anak meningkat menjadi 63,5 %, yang berarti status perkembangannya berada pada tahap Berkembang Sesuai Harapan (BSH) pada siklus II kemampuan berbahas anak meningkat menjadi 76.7 %, yang berarti status perkembangannya berada pada tahap Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Kesimpulannya adalah melalui permainan boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak pada kelompok B di TKIU Birrul Walidain Sragen tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berbahasa anak, metode permainan boneka tangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 15 Sep 2014 12:02 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 05:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30172 |
Actions (login required)
View Item |