Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Awal Melalui Permainan Finger Painting Pada Anak Kelompok A Di TK Pertiwi II Blimbing Tahun Ajaran 2013/2014

HARDIYATI, SRI and , Dra. Surtikanti, SH, M.Pd (2014) Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Awal Melalui Permainan Finger Painting Pada Anak Kelompok A Di TK Pertiwi II Blimbing Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
01._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (757kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I )
02._BAB_I.pdf

Download (148kB)
[img] PDF (Bab II )
03._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab III )
04._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img]
Preview
PDF (Bab IV )
05._BAB_IV.pdf

Download (229kB)
[img] PDF (Bab V )
06._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Lampiran )
08._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (328kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis awal anak kelompok A di TK Pertiwi II Blimbing, Sambirejo, Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah anak didik kelompok A di TK Pertiwi II Blimbing sebanyak 15 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tahap tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data kemampuan menulis awal anak dikumpulkan melalui metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisis data dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian sebelum tindakan skor kemampuan menulis awal pada 15 anak diperoleh hasil sebesar 37% (Mulai Berkembang), pada siklus I mencapai 70.67% (Berkembang Sesuai Harapan). Dan pada siklus II didapat hasil 78% (Berkembang Sangat Baik) atau mengalami peningkatan sebesar 41% dari pra siklus. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui permainan finger painting dapat meningkatkan kemampuan menulis awal anak di TK Pertiwi II Blimbing Kecamatan Sambirejo Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan Finger Painting, Kemampuan Menulis Awal
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 15 Sep 2014 11:50
Last Modified: 20 Oct 2021 05:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30169

Actions (login required)

View Item View Item