Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IpA Dengan Menerapkan Strategi The Power Of Two Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Candirejo II Semin Kabupaten Gunungkidul Tahun Pelajaran 2013/2014

Utami, Pramesti and , Drs. Jalal Fuadi, MM (2014) Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IpA Dengan Menerapkan Strategi The Power Of Two Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Candirejo II Semin Kabupaten Gunungkidul Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (274kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (502kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan strategi The Power Of Two. Subyek penerima tindakan adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Candirejo II Semin Gunungkidul yang berjumlah 17 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dimulai dengan kegiatan Perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Jenis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari motivasi siswa yang mengikuti pembelajaran pada pra siklus 41,17%, pada siklus I menjadi 58,82% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,35%, demikian juga dengan hasil belajar siswa yang sesuai dengan KKM pada pra siklus ada 35,29, pada siklus I menjadi 52,94% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,23%. Secara umum dengan strategi The Power Of Two ini siswa sangat senang dan termotivasi jika proses pembelajaran menggunakan strategi tersebut. Karena siswa ikut aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa lebih mudah untuk memahami materi yang disampaikan guru. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan hendaknya guru menggunakan strategi The Power Of Two untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi The Power Of Two, motivasi dan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Sep 2014 08:46
Last Modified: 15 Oct 2021 04:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30165

Actions (login required)

View Item View Item