Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Metode Eksperimen Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Wanglu, Trucuk, Klaten Tahun Ajaran 2013/2014

Sajinem, Sajinem and , Drs. Jalal Fuadi, MM (2014) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Metode Eksperimen Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Wanglu, Trucuk, Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Jurnal_Publikasi.pdf

Download (360kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (567kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Wanglu, Trucuk, Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan menggunakan metode eksperimen yang dilakukan dalam dua siklus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, catatan lapangan dan wawancara. Sedangkan teknik analisis datanya adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata- rata kognitif siswa pada siklus I yaitu 67,90 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 64,6%. Nilai rata-rata kognitif pada siklus II meningkat menjadi 74,61 dari siklus I sedangkan nilai rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 73,8%. Nilai rata-rata kognitif pada siklus II meningkat menjadi 74,61 dari siklus I yang hanya 64,6; sedangkan nilai rata-rata aktivitas meningkat menjadi 73,8%. Berdasarkam hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada kelas V SD Negeri 2 Wanglu Trucuk Klaten tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, menggunakan metode eksperimen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Sep 2014 08:28
Last Modified: 15 Oct 2021 04:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30164

Actions (login required)

View Item View Item