Prihatin, Prapti and , Drs. H. Sutan Syahrir Zabda, M.Hum (2014) Pengembangan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Metode Bercerita Dengan Media Boneka Wayang Pada Anak Kelompok A KBIT Al Hasna Manjung Ngawen Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (317kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (567kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (597kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (936kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan sosial emosional anak melalui metode bercerita dengan media boneka wayang pada kelompok A KBIT Al Hasna Manjung Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Sebelum diberikan tindakan, pengembangan sosial emosional anak rendah dan guru mencoba mengembangkan sosial emosional anak dengan beberapa metode. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu mengembangkan sosial emosional anak. Kemudian peneliti mencoba menggunakan metode bercerita. Dengan media boneka wayang, subjek pelaksanaan tindakan adalah anak kelompok A KBIT Al Hasna Manjung berjumlah 13 anak. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis yang dipakai adalah komparatif, deskriptif dan kritis. Hasil penelitin ini menunjukkan bahwa ada perkembangan sosial emosional anak melalui metode bercerita dengan media boneka wayang, yakni perkembangan sosial emosional pra siklus 26,7 siklus I 44,2%, siklus II 64,8%. Dari hasil penelitian berupa prosentase tersebut peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa melalui metode bercerita dengan media boneka wayang dapat mengembangkan kemampuan sosial emosional pada anak kelompok A KBIT Al Hasna Manjung Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan sosial emosional melalui bercerita dengan boneka wayang. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Sep 2014 07:01 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 05:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30159 |
Actions (login required)
View Item |