Rusdiyanto, Rusdiyanto and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd and , Dra. Surtikanti, M.Pd. (2014) Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Pada Bidang Studi Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SD Negeri 02 Kunduran Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (974kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian : Umum, mengetahui peningkatan ketrampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD dengan menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS). Khusus, mengetahui peningkatan ketrampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri 02 Kunduran kecamatan Kunduran Kabupaten Blora Tahun Ajaran 2010/2011 dengan menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model siklus. Dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan yang meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas 1 dan guru kelas 1 SD Negeri 02 Kunduran, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora sebanyak 24 siswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi kualitatif, yaitu bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar yang dicapai. Analisi ini dihitung berdasarkan penilaian hasil tugas dan tes serta penilaian untuk ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal, nilai rerata keterampilan membaca siswa 49,87 dengan tingkat ketuntasan klasikal 0 %. Pada siklus I, nilai rerata keterampilan membaca siswa 61,07 dengan tingkat ketuntasan klasikal 41,67 %. Pada siklus II, nilai rerata siswa 70,83 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal 87,50 %. Pada siklus III, nilai rerata keterampilan membaca 82,03 dengan tingkat ketuntasan klasikal 100 %. Dari keseluruhan siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa guru telah mampu meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa Kelas I SDN 02 Kunduran Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora dengan menggunakan metode stuktural analitik sintatik. Setiap siklus selalu membawa dampak yang positif ke arah peningkatan perkembangan kemampuan membaca permulaan siswa Kelas I SDN 02 Kunduran Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora tahun 2010/2011.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode SAS, Pembelajaran Membaca Permulaan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 10 Sep 2014 14:57 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 12:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30144 |
Actions (login required)
View Item |