Khoiriyah, Khoiriyah and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2014) Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Posing Dipadukan Strategi Pembelajaran Student Have Question Terhadap Kepercayaan Diri Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV SDIT Abu Ja’far Mojogedang Tahun 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
SKRIPSI_-_Naskah_Publikasi.pdf Download (361kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan )
SKRIPSI_-_Halaman_Depan.pdf Download (694kB) |
|
|
PDF (Bab I)
SKRIPSI_-_BAB_I.pdf Download (57kB) |
|
PDF (Bab II)
SKRIPSI_-_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
PDF (Bab III)
SKRIPSI_-_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
PDF (Bab IV)
SKRIPSI_-_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
||
PDF (Bab V)
SKRIPSI_-_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
SKRIPSI_-_Daftar_Pustaka.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Lampiran)
SKRIPSI_-_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran problem posing dipadukan strategi pembelajaran student have question berpengaruh efektif terhadap kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran matematika, (2) Mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran problem posing dipadukan strategi pembelajaran student have question berpengaruh efektif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SDIT MTA Abu Ja’far Mojogedang. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas IV SDIT Abu Ja’far Mojogedang tahun ajaran 2013/3014, yakni kelas IV – A yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi atau pengamatan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t, dimana sebelumnya dilakukan uji normalitas data sebagai uji prasyarat analisis. Hasil analisis data pada kepercayaan diri diperoleh dengan membandingkan hasil pengamatan keadaan kepercayaan diri siswa antara sebelum dan sesudah dikenai perlakuan. Keadaan siswa setelah dikenai perlakuan menunjukkan adanya perubahan kearah peningkatan kepercayaan diri siswa. Hasil analisis data pada hasil belajar dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung sebesar - 6,845 dan ttabel sebesar -1,692, Dengan DK = { t | t < - ttabel atau t > ttabel }, sehingga diketahui thitung lebih besar daripada ttabel. Dari hasil analisis tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem posing dipadukan dengan strategi pembelajaran student have question berpengaruh efektif terhadap kepercayaan diri dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, model pembelajaran problem posing, strategi pembelajaran student have question, kepercayaan diri, hasil belajar, matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 10 Sep 2014 14:39 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 02:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30142 |
Actions (login required)
View Item |