Anggrahini, Lidya and , Drs. H. Sutan Syahrir Zabda, M.Hum. (2014) Pengembangan Kemampuan Kreativitas Seni Rupa dengan Kegiatan Menggambar Bebas pada Anak Kelompok A Taman-Kanak Kartika III-16 Glodogan Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
01_Halaman_Depan.pdf Download (460kB) |
|
|
PDF (Bab I)
02_BAB_I.pdf Download (197kB) |
|
PDF (Bab II)
02_BAB_I.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
PDF (Bab III)
03_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
||
PDF (Bab IV)
05_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (612kB) |
||
PDF (Bab V)
06_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
07_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (109kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
09_PUBLIKASI.pdf Download (761kB) |
|
PDF (Lampiran)
08_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kreativitas merupakan suatu kemampuan atau potensi yang alami yang dimiliki oleh setiap anak. Pada dasarnya setiap anak telah memiliki kreativitasnya masing-masing yang membutuhkan stimulasi yang tepat agar potensi kreatif tersebut dapat berkembang. Seni rupa bagi anak usia dini merupakan keterampilan yang biasanya dilakukan pada saat kegiatan pembelajaran dalam menciptakan suatu karya. Pada kegiatan itu anak mengungkapkan ide atau perasaan melalui objek yang mereka buat. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kreativitas seni rupa dengan kegiatan menggambar bebas pada anak kelompok A Taman Kanak-kanak Kartika III-16 Glodogan Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A Taman Kanak-kanak Kartika III-16 Glodogan Klaten Tahun Ajaran 2013/2014 sebanyak 20 anak. Teknik pengumpulan data pada penelian menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif berupa deskriptif komparatif dan analisis kritis. Dari analisis data, kreativitas seni rupa anak pada pra siklus sebesar 44,17%, setelah dilakukan perbaikan pada siklus 1 menunjukkan persentase sebesar 76,15%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas belum berhasil, karena target yang ditentukan adalah 80%. Maka penelitian ini berlanjut pada siklus 2 dengan hasil 89,06%, dengan demikian penelitian ini dinyatakan berhasil karena telah berkembang sesuai harapan. Berdasarkan hasil penelitian ini membuktikan bahwa hipotesis yang menyatakan “kemampuan kreativitas seni rupa dapat dikembangkan melalui kegiatan menggambar bebas pada anak kelompok A Taman Kanak-kanak Kartika III-16 Glodogan Klaten Tahun Ajaran 2013/2014” adalah benar/dapat diterima.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreativitas, seni rupa, menggambar bebasarta |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 10 Sep 2014 13:09 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 05:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30132 |
Actions (login required)
View Item |