Pengaruh Minat Belajar Dan Kedisiplinana Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SD Negeri 1 Tempursari Tahun Ajaran 2013/2104

Nurjanah, Siti and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2014) Pengaruh Minat Belajar Dan Kedisiplinana Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SD Negeri 1 Tempursari Tahun Ajaran 2013/2104. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (593kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (536kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar, (2)Mengetahui pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar, (3) Mengetahui pengaruh minat belajar dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar, (4) Mengetahui variebel mana yang lebih dominan memepengaruhi prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Tempursari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa SD Negeri 1 Tempursari tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data berupa angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik regresi linier ganda, uji t, uji F, uji determinasi, SR( Sumbangan Relatif), dan SE(Sumbangan Efektif. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh dari minat belajar dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa dengan persamaan regresi Y= 31,494 + 0,283X1 + 0,267X2, dimana signifikansinya pengaruh tersebut ditunjukkan oleh Fhitung (16,891) > F tabel (3,16), (2) terdapat pengaruh yang signifikansi dari minat belajar terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan thitung( 3,214)>ttabel(2,002), (3) terdapat pengaruh signifikansi kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan thitung (3,059) > ttabel(2,002), (4) antara variabel minat belajar dan kedisiplina siswa lebih dominan variabel minat belajar. Hal ini ditunjukkan dengan SR minat belajar (52%) > SR kedisiplinan siswa (48%), SE minat belajar (19%)>SE kedisiplinan siswa (18%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, kedisiplinan siswa dan prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 10 Sep 2014 13:02
Last Modified: 20 Oct 2021 01:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30131

Actions (login required)

View Item View Item