Julaekha, Siti and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2014) Peningkatan Minat Belajar Pkn Melalui Penerapan Strategi Reading Guide Pada Siswa Kelas IV SDN Tunggulsari 01 No 72 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (671kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (191kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (679kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.PDF Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.PDF Download (603kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar pada siswa kelas IV SD Negeri Tunggulsari I No.72 Surakarta melalui penerapan strategi Reading Guide. Subyek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan siswa kelas IV SD Negeri Tunggulsari I No.72 Surakarta tahun pelajaran 2013/ 2014. Sedangkan obyek penelitian adalah minat yang berdampak pada hasil belajar siswa.Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa. Peningkatan tersebut terlihat dalam 3 indikator minat belajar yaitu pada pra siklus pencapaian indikator mengikuti kegiatan pembelajaran PKn dengan rasa senang mencapai 43,33%, 63,33% pada siklus I, dan 86,66% pada siklus II. Memperhatikan penjelasan materi PKn dengan memahami isi materi pada pra siklus mencapai 36,66%, 53,33% pada siklus I, dan 83,33% pada siklus II. Berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran pada pra siklus mencapai 33,33%, 36,66% pada siklus I, dan 83,33% pada siklus II. Selain itu hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada pra siklus sebanyak 16 siswa yang mencapai KKM atau sebesar 53,33%, pada siklus I21 siswa yang mencapai KKM atau sebesar 67,50%,dan pada siklus II 26 siswa yang mencapai KKM atau sebesar 80,16%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi reading guidedapat meningkatkan minat belajar pada siswa kelas IV SD Negeri Tunggulsari I No. 72 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/ 2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat, belajar, strategi, Reading Guide |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 10 Sep 2014 11:46 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 01:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30119 |
Actions (login required)
View Item |