Peningkatan Minat Belajar Pkn Melalui Penerapan Strategi Reading Guide Pada Siswa Kelas IV SDN Tunggulsari 01 No 72 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014

Julaekha, Siti and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2014) Peningkatan Minat Belajar Pkn Melalui Penerapan Strategi Reading Guide Pada Siswa Kelas IV SDN Tunggulsari 01 No 72 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (671kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (191kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.PDF

Download (603kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar pada siswa kelas IV SD Negeri Tunggulsari I No.72 Surakarta melalui penerapan strategi Reading Guide. Subyek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan siswa kelas IV SD Negeri Tunggulsari I No.72 Surakarta tahun pelajaran 2013/ 2014. Sedangkan obyek penelitian adalah minat yang berdampak pada hasil belajar siswa.Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa. Peningkatan tersebut terlihat dalam 3 indikator minat belajar yaitu pada pra siklus pencapaian indikator mengikuti kegiatan pembelajaran PKn dengan rasa senang mencapai 43,33%, 63,33% pada siklus I, dan 86,66% pada siklus II. Memperhatikan penjelasan materi PKn dengan memahami isi materi pada pra siklus mencapai 36,66%, 53,33% pada siklus I, dan 83,33% pada siklus II. Berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran pada pra siklus mencapai 33,33%, 36,66% pada siklus I, dan 83,33% pada siklus II. Selain itu hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada pra siklus sebanyak 16 siswa yang mencapai KKM atau sebesar 53,33%, pada siklus I21 siswa yang mencapai KKM atau sebesar 67,50%,dan pada siklus II 26 siswa yang mencapai KKM atau sebesar 80,16%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi reading guidedapat meningkatkan minat belajar pada siswa kelas IV SD Negeri Tunggulsari I No. 72 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/ 2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat, belajar, strategi, Reading Guide
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 10 Sep 2014 11:46
Last Modified: 18 Oct 2021 01:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30119

Actions (login required)

View Item View Item