Hasanah, Umi and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2014) Hubungan Antara Aktivitas Siswa Di Organisasi Sekolah Dan Kemampuan Komunikasi Siswa Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (5MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (97kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (22MB) |
||
|
PDF (Naskah Pblikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara aktivitas siswa di organisasi sekolah dan kemampuan komunikasi siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Sampel penelitian 80 siswa kelas XI anggota organisasi di sekolah, dipilih dengan teknik purpusive sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner/angket dan dokumentasi. Validitas kuesioner dengan korelasi product moment. Reliabilitas kuesioner dengan KR-20. Uji hipotesis data, analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara aktivitas siswa di organisasi sekolah dan kemampuan komunikasi siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal itu berdasarkan hasil analisis, koedisien korelasi ganda (R) = 0,337, koefisien determinasi (R2) = 0,114. Koefisien aktivitas siswa di organisasi sekolah = - 0,082 berarti terdapat hubungan negatif antara aktivitas siswa di organisasi siswa dan prestasi belajar matematika siswa. Koefisien kemampuan komunikasi siswa = 0,327 berarti terdapat hubungan positif signifikan antara kemampuan komunikasi siswa dengan prestasi belajar matematika siswa. Aktivitas siswa di organisasi sekolah memberi sumbangan relatif – 0,9% dan sumbangan efektif – 0,1%. Kemampuan komunikasi siswa memberi sumbangan relatif sebesar 11,4% dan sumbangan efektif 100%. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan aktivitas siswa di organisasi sekolah dan kemampuan komunikasi siswa berhubungan signifikan dengan prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMA Al Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas organisasi siswa, kemampuan komunikasi, prestasi belajar matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Sep 2014 09:26 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 20:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30114 |
Actions (login required)
View Item |