HASTUTI, TRI RETNO PUJI and , Drs. Sutan Syahrir Zabda (2014) Pengembangan kemampuan afeksi sosial emosional melalui strategi saling tukar alat mainan Pada anak kelompok a. Tk aisyiyah Demangan sambi boyolali Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (815kB) |
|
|
PDF (Bab I )
BAB_I.pdf Download (154kB) |
|
PDF (Bab II )
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
||
PDF (Bab III )
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
||
PDF (Bab IV )
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
||
PDF (Bab V )
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
PDF ( Lampiran )
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (510kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan afeksi sosial emosional pada anak kelompok A. TK Aisyiyah Demangan Sambi Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan strategi saling tukar alat mainan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan II Siklus. Prosedur penelitian ini terdiri darie empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok A TK Aisyiyah Demangan Sambi Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 20 anak terdiri dari 11 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan komparatif. Sedangkan validitas data yang digunakan adalah triangulasi dan analisisnya dengan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan afeksi sosial emosional pada anak kelompok A TK Aisyiyah Demangan Sambi Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014 sebelum dilaksanakan penelitian tindakan kelas dengan strategi saling tukar alat mainan anak yang mampu mencapai indikator pencapaian berjumlah 8 anak atau 40% sedangkan yang belum mencapai indikator pencapaian berjumlah 12 anak atau 60%, setelah dilaksanakan tindakan dengan strategi saling tukar alat mainan diperoleh hasil kemampuan afeksi sosial emosional anak yaitu pada siklus I yang berhasil mencapai indikator pencapaian berjumlah 10 anak atau 50% sedangkan yang belum mencapai indikator pencapaian berjumlah 10 anak juga atau 50%, sedangkan pada siklus II diperoleh hasil kemampuan afeksi sosial emosional anak yang sudah mencapai indikator pencapaian sebesar 80% atau meningkat 30% dari siklus I. Dengan demikian, penggunaan strategi saling tukar alat mainan dapat meningkatkan kemampuan afeksi sosial emosional pada anak didik kelompok A TK Aisyiyah Demangan Sambi Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan afeksi sosial emosional, Strategi saling tukar alat mainan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 09 Sep 2014 13:58 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 05:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30103 |
Actions (login required)
View Item |