Tahmalia, Intan and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2014) Peningkatan Penalaran Matematik Melalui Pendekatan Saintifik Dengan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas VIII E MTs Muhammadiyah Blimbing ( PTK Siswa Kelas VIII E MTs Muhammadiyah Blimbing Tahun Ajaran 2013/2014 ). Skripsi thesis, Universitas Muhmmadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (19MB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (162kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf Download (161kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (120MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penalaran matematik siswa melaluipendekatan saintifik dengan model Discovery Learning pada siswa kelas VIII EMTs Muhammadiyah Blimbing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakankelas (PTK) atau Classroom Action Research(CAR). Subjek penerima tindakanyaitu siswa kelas VIII E MTs Muhammadiyah Blimbing yang berjumlah 30 siswa,yang terdiri dar 6 laki-laki dan 24 perempuan dan subjek pemberi tindakan yaitu guru matematika yang berkolaborasi dengan peneliti. Metode pengumpulan datadilakukan dengan observasi, soal, dokumentasi dan lembar catatan lapangan. Teknik analisis data yang dilakukan terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatanpenalaran matematik siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase indikator-indikator penalaran matematik, yaitu (a) kemampuan siswa mengajukan dugaan sebelum tidakan sebanyak 30% ( 9 siswa ), pada siklus I sebanyak 50% (15 siswa ) dan pada siklus II sebanyak 80% ( 24 siswa ), (b) kemampuan siswa memberikan alasan/bukti kebenaran sebelum tindakan sebanyak 16,6% ( 5 siswa ), pada siklus I sebanyak 26,6% ( 8 siswa ) dan pada siklus II sebanyak 66,6% ( 20 siswa ), (c) kemampuan siswa menemukan pola suatu gejala matematis sebelumtindakan sebanyak 23,3% ( 7 siswa ), pada siklus I sebanyak 40% ( 12 siswa ) dan pada siklus II sebanyak 73% ( 22 siswa ).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Saintifik, Discovey Learning, Penalaran Matematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 09 Sep 2014 12:24 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 05:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30088 |
Actions (login required)
View Item |