Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Dan Gambar Sebagai Media Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Sambi Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014

Dessy, Khomaria and , Drs. Djumadi, M.Kes (2014) Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Dan Gambar Sebagai Media Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Sambi Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mata pelajaran biologi merupakan mata pelajaran yang termasuk dalam kategori ilmu pengetahuan alam, dimana setiap pokok pembahasannya selalu berkaitan erat dengan alam dan mahluk hidup disekitar lingkungan kita. Dalam pembelajaran biologi hendaknya tidak hanya berpusat pada guru dan buku paket saja, tetapi siswa mampu mengembangkan pemahaman yang lebih luas dari setiap penemuannya. Lingkungan dapat digunakan sebagai media pembelajaran biologi karena pelajaran biologi selalu membahas mahluk hidup yang ada dilingkungan sekitar kita, menggunakan media lingkungan bertujuan untuk mengembangkan pemahaman dan pengetahuan siswa serta siswa dapat berinteraksi secara langsung dengan sebagian objek yang telah disampaikan oleh guru, sedangkan gambar dapat digunakan sebagai media pembelajaran biologi sebagai simulasi atau contoh yang mewakili objek aslinya, menggunakan media lingkungan bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan pemahaman siswa dari materi yang telah disampaikan oleh guru dengan simulasi gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan dan gambar sebagai media pembelajaran biologi terhadap hasil belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sambi Boyolali tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen menggunakan analisis non parametrik Kruskal-Wallis test. Penelitian ini menggunakan perlakuan tiga kelas untuk membandingkan dua media pembelajaran yang berbeda. Hasil yang diperoleh dari nilai rata-rata kognitif tertinggi diperoleh kelas dengan menggunakan media gambar 8,195, kemudian diperoleh kelas dengan menggunakan media lingkungan 7,5 dan nilai rata-rata kognitif terendah kelas control 6,57. Berdasarkan uji hipotesis nilai kognitif, afektif dan psikomotorik mempunyai nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemanfaatan lingkungan dan gambar sebagai media pembelajaran biologi terhadap hasil balajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sambi Boyolali tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: lingkungan, gambar, hasil belajar, media pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 09 Sep 2014 12:07
Last Modified: 14 Oct 2021 06:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30085

Actions (login required)

View Item View Item