Susanti, Sri and , Dr. Slamet H.W, M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Kemandirian Dan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Think Pair Share (TPS) : (PTK Pada Siswa Kelas XA Farmasi SMK Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran. Skripsi thesis, Universitas Muhmmadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
||
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (646kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (101kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian dan keaktifan belajar matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran think pair share bagi siswa kelas XA Farmasi SMK Muhammadiyah 4 Surakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kemandirian belajar siswa yang dapat dilihat dari indikator- indikatornya yaitu: 1) kemandirian siswa menyelesaikan tugasnya sendiri sebelum tindakan 26,47%, setelah tindakan siklus II 64,70%, 2) kemandirian siswa mengatur dirinya sendiri sebelum tindakan 29,41%, setelah tindakan siklus II 70,59%. Peningkatan keakifan belajar siswa: 1) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan 26,47%, setelah tindakan siklus II 67,65%, 2) keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan kepada guru sebelum tindakan 8,82%, setelah tindakan siklus II 52,94%, 3) keaktifan siswa dalam mengemukakan pendapat sebelum tindakan 14,70%, setelah tindakan siklus II 55,89%, 4) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan 23,53%, setelah tindakan siklus II 58,82%, 5) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan sebelum tindakan 17,65%, setelah tindakan siklus II 55,89%. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kemandirian dan keaktifan belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi Think Pair Share, kemandirian, keaktifan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 09 Sep 2014 12:05 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 05:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30084 |
Actions (login required)
View Item |