Wijayanto, Sri Kuncoro Kusuma and , Dwi Sarbini, S.ST., M.Kes and , Luluk Ria Rakhma, S.Gz., M.Gizi (2014) Hubungan Status Gizi Dan Kebiasaan Sarapan Pagi Dengan Prestasi Belajar Anak Di SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1._Hal_Depan.pdf Download (543kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_1.pdf Download (82kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7._Daftar_Pustaka.pdf Download (81kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
2._Publikasi_Full_Text.pdf Download (358kB) |
Abstract
Pendahuluan : Anak sekolah dasar berada di usia antara 6-12 tahun. Pada masa ini status gizi dan kebiasaan sarapan pagi sangatlah mempengaruhi prestasi belajar anak di kelas. Apabila status gizi dan kebiasaan sarapan anak kurang maka di khawatirkan akan menurunkan pencapaian prestasi belajar anak. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dan kebiasaan sarapan pagi dengan prestasi belajar anak di SD Muhammadiyah 16 Surakarta Metode Penelitian : Jenis penelitian observasional dengan rancangan penelitian Cross Sectional. Jumlah subjek penelitian sebanyak 45 siswa sesuai dengan kriteria inklusi. Pengumpulan data dilakukan dengan antropometri, recall 24 jam dan data nilai rapor siswa. Uji statistik yang digunakan adalah uji kolmogorovsmirnov, uji pearson product moment dan rank spearman. Hasil : Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa terdapat 6,6% siswa memiliki status gizi tidak normal, 11,1% tidak memiliki kebiasaan sarapan pagi dan 37,7% siswa memiliki prestasi belajar baik. Hasil uji hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar diperoleh nilai p = 0,977 dan hasil uji hubungan kebiasaan sarapan pagi dengan prestasi belajar diperoleh nilai p = 0,104 Kesimpulan : Tidak ada hubungan antara status gizi dan kebiasaan sarapan pagi dengan prestasi belajar anak di SD Muhammadiyah 16 Surakarta.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Status gizi, kebiasaan sarapan pagi, prestasi belajar |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine R Medicine > RN Nutrition |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 09 Sep 2014 05:43 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 06:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30065 |
Actions (login required)
View Item |