Apriyanto, Abdul Fattah and , Dra. Hj. Sri Arfiah, SH., M. Pd. (2014) Peran Guru PPKn Dalam Menegakkan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (292kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_AWAL.pdf Download (643kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (173kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PKn dalam menegakkan Kedisiplinan Siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu hasil temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik. Subyek penelitian ini adalah guru PKn di SMP Negeri 2 Kartasura. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data adalah pengumpulan data dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Reduksi data adalah proses pemilihan data kasar kemudian diteruskan pada saat pengumpulan data. Penyajian data adalah hasil penelitian yang memungkinkan adanya penarikan kesimpulan. Penarikan kesimpulan adalah isi dari hasil penelitian dengan menyusun pola-pola pengarahan dan sebab akibat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Realitas penegakan edisiplinan diberikan melalui peraturan-peraturan yang telah dibuat sekolah, melalui kebiasaan-kebiasaan, dan secara tidak langsung melalui contoh yang diberikan guru. (2) Faktor yang menghambat dalam menegakkan kedisiplinan antara lain ikut-ikutan teman yang melanggar peraturan tersebut dan tidak jarang pula ada paksaan dari teman untuk melanggar peraturan sekolah, kebiasaan di rumah, apabila jam kosong anak merasa bebas jika tidak diawasi, guru piket yang menggantikan kurang maksimal. (3) Faktor yang mendukung dalam menegakkan kedisiplinan antara lain peraturan dan sanksi yang tegas, guru yang sudah menegakkan disiplin akan dicontoh siswa, kerjasama antara sekolah dan orang tua/wali murid. (4) Peran guru PKn di SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014 dalam menegakkan kedisiplinan siswa adalah mendisiplinkan diri terlebih dahulu.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran guru PKn, penegakan kedisiplinan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 08 Sep 2014 09:19 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 05:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30050 |
Actions (login required)
View Item |