Febriyaningrum, Retno and , Drs. Hariyatmi, M.Si (2014) Kemampuan Guru Ipa Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di SMP Boyolali Tahun 2013/2014. UNSPECIFIED thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (527kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (637kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Guru IPA dalam penerapan Kurikulum 2013 di SMP Boyolali Tahun 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif non hipotesis. Metode penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif non hipotesis, yaitu dilakukan dengan mencari sumber sebanyak-banyaknya kemudian menarik kesimpulan dari semua sumber yang diperoleh berupa kalimat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi pembelajaran di kelas dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru IPA dalam merencanakan RPP berdasarkan Kurikulum 2013 pada dasarnya sudah sangat baik (81.25%), terbukti ada pada pada komponen menuliskan identitas yang sangat baik (100%) dan pada komponen lainnya seperti media pembelajaran (83.38%), kegiatan pembelajaran (95.83%) dan penilaian (83.33%). Sedangkan pada komponen lain terlihat baik, seperti indikator (75%), tujuan pembelajaran (75%) dan materi ajar (75%). Namun lemah pada komponen sumber belajar yang baik (62.50%). Sedangkan pada kemampuan guru IPA dalam pelaksanaan proses pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 pada dasarnya sudah sangat baik (81.02%), terbukti ada pada pada komponen menerapkan strategi pembelajaran yang mendidik dan menerapkan pendekatan pembelajaran saintifik yang sangat baik (87.50%). Namun lemah pada kegiatan pendahuluan, penguasaan materi dan sumber belajar (75%). Sedangkan pada penerapan pembelajaran IPA terpadu, pelibatan peserta didik dalam pembelajaran, penggunaan bahasa dan penutup pembelajaran sudah baik.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan guru, kurikulum 2013, scientific approach |
Subjects: | E Education > Education (General) E Education > Special aspects of education > Biology Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Musyarofah Siti |
Date Deposited: | 05 Sep 2014 13:01 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 04:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30031 |
Actions (login required)
View Item |