Kemampuan Guru Ipa Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di SMP Boyolali Tahun 2013/2014

Febriyaningrum, Retno and , Drs. Hariyatmi, M.Si (2014) Kemampuan Guru Ipa Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di SMP Boyolali Tahun 2013/2014. UNSPECIFIED thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (527kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (637kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Guru IPA dalam penerapan Kurikulum 2013 di SMP Boyolali Tahun 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif non hipotesis. Metode penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif non hipotesis, yaitu dilakukan dengan mencari sumber sebanyak-banyaknya kemudian menarik kesimpulan dari semua sumber yang diperoleh berupa kalimat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi pembelajaran di kelas dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru IPA dalam merencanakan RPP berdasarkan Kurikulum 2013 pada dasarnya sudah sangat baik (81.25%), terbukti ada pada pada komponen menuliskan identitas yang sangat baik (100%) dan pada komponen lainnya seperti media pembelajaran (83.38%), kegiatan pembelajaran (95.83%) dan penilaian (83.33%). Sedangkan pada komponen lain terlihat baik, seperti indikator (75%), tujuan pembelajaran (75%) dan materi ajar (75%). Namun lemah pada komponen sumber belajar yang baik (62.50%). Sedangkan pada kemampuan guru IPA dalam pelaksanaan proses pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 pada dasarnya sudah sangat baik (81.02%), terbukti ada pada pada komponen menerapkan strategi pembelajaran yang mendidik dan menerapkan pendekatan pembelajaran saintifik yang sangat baik (87.50%). Namun lemah pada kegiatan pendahuluan, penguasaan materi dan sumber belajar (75%). Sedangkan pada penerapan pembelajaran IPA terpadu, pelibatan peserta didik dalam pembelajaran, penggunaan bahasa dan penutup pembelajaran sudah baik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Uncontrolled Keywords: kemampuan guru, kurikulum 2013, scientific approach
Subjects: E Education > Education (General)
E Education > Special aspects of education > Biology Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 05 Sep 2014 13:01
Last Modified: 30 Sep 2024 04:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30031

Actions (login required)

View Item View Item