YHUYHINA, AMBARINI and , Drs. M Yahya (2014) Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kemandirian Dalam Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Delanggu Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf Download (526kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN_BELAKANG.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (76kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Delanggu tahun ajaran 2012/2013, (2) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian dalam belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Delanggu tahun ajaran 2012/2013, (3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kemandirian dalam belajar pada siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Delanggu tahun ajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Delanggu tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 190 siswa dengan sempel sebanyak 50 siswa dengan cara acak. Teknik pengumpulan data mengunakan metode angket dan dokumentasi yang telah diujicobakan dengann uji validitas dan uji realibilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 55,580+ 0,271X1 + 0,321X2, artinya prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh motivasi belajar dan kemandirian dalam belajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung variabel motivasi belajar sebesar 2,810 sehingga thitung > ttabel yaitu 2,810 > 2,012 dengan nilai signifikasi 0,000<0,05. (2) kemandirian dalam belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung variabel kemandirian dalam belajar sebesar 3,098 sehingga thitung > ttabel yaitu 3,098 > 2,012 dengan nilai signifikasi 0,000<0,05. (3) motivasi belajar dan kemandirian dalam belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti berdasarkan berdasarkan perhitungan Fhitung sebesar 13,463 sehingga Fhitung > Ftabel, yaitu 13,463 > 3,195 dengan nilai signifikasi 0,000<0,05. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,364 berarti 36,4% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh variable motivasi belajar dan kemandirian dalam belajar
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Kemandirian dalam Belajar, dan Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 03 Sep 2014 13:06 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 12:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30007 |
Actions (login required)
View Item |