Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Di Rahap Putra Swalayan Klambu Kabupaten Grobogan

MUSRIANA, MUSRIANA and , Drs. Nur Chusni, M.Ag. (2014) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Di Rahap Putra Swalayan Klambu Kabupaten Grobogan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (618kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (480kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, tempat, dan promosi) terhadap minat beli konsumen di Rahap Putra Swalayan Klambu Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja di Rahap Putra Swalayan Klambu Kabupaten Grobogan dalam kurun waktu tanggal 30 Mei sampai dengan 1 Juni 2014. Dalam penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 100 orang yang diambil dengan teknik sampling insidental. Data diambil melalui metode Kuesioner (angket) dan observasi yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi (R²) serta sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis data diperoleh persamaan garis linier Y = 1,596 + 0,296X1 + 0,179X2 + 0,262X3 + 0,266X4. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah 1) Produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Hal ini terbukti dari nilai thitung > ttabel yaitu 3,913 > 1,985 (α = 5%) dengan signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 2) Harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Hal ini terbukti dari nilai thitung > ttabel yaitu 2,187 > 1,985 (α = 5%) dengan signifikansi < 0,05 yaitu 0,031. 3) Tempat berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Hal ini terbukti dari nilai thitung > ttabel yaitu 3,726 > 1,985 (α = 5%) dengan signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 4) Produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Hal ini terbukti dari nilai thitung > ttabel yaitu 5,185 > 1,985(α = 5%) dengan signifikansi < 0,05 yaitu 0,000; 5) Bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat dan promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji F yang memperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 25,604 > 2,467 dengan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 6) Variabel produk memberikan sumbangan relatif 26,4% dan sumbangan efektif 13,7%. Variabel harga memberikan sumbangan relatif 11,5% dan sumbangan efektif 5,9%. Variabel tempat memberikan sumbangan relatif 21,9% dan sumbangan efektif 11,4%. Variabel promosi memberikan sumbangan relatif 40,3% dan sumbangan efektif 20,9%. 5) Hasil perhitungan untuk nilai R2 diperoleh sebesar 0,519 yang berarti bahwa produk, harga, tempat, dan promosi berpengaruh terhadap minat beli sebesar 51,9%, sedangkan 48,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Produk, Harga, Tempat, Promosi, Minat Beli
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 03 Sep 2014 12:43
Last Modified: 13 Oct 2021 12:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30005

Actions (login required)

View Item View Item