Pengaruh Sikap Mandiri Dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2011 Universitas Muhammadiyah Surakarta

Kumalasari, Linda and , Drs. Nur Chusni, SE.,M.Ag (2014) Pengaruh Sikap Mandiri Dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2011 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (919kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (791kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh sikap mandiri terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2011 Universitas Mahasiswa Muhammadiyah Surakarta; 2) Untuk mengetahui pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2011 Universitas Muhammadiyah Surakarta; dan 3) Untuk mengetahui pengaruh sikap mandiri pergaulan teman sebaya terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2011 Universitas Muhammadiyah Surakarta 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi penelitian di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini secara nyata dapat diidentifikasi dengan jelas, karena sifat dan identitas responden terdeteksi oleh manajemen perguruan tinggi. Sampel diambil sebanyak 127 mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2011, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji t dan uji F, selain itu dilakukan pula perhitungan koefisien determinasi, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh signifikan antara sikap mandiri terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2011 UMS. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis regresi linier berganda (uji t) memperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,967 > 1,979 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,004 dengan sumbangan efektif sebesar 7,7%; 2) Terdapat pengaruh signifikan antara pergaulan teman sebaya terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2011 UMS. Hasil analisis regresi linier berganda memperoleh thitung > ttabel, yaitu 6,831 > 1,979 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 28,4%; dan 3) Terdapat pengaruh signifikan antara sikap mandiri dan pergaulan teman sebaya terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan akuntasi angkatan 2011 UMS. Hal ini dapat dilihat dari analisis uji F yang memperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 35,036 > 3,069 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,361 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh sikap mandiri dan pergaulan teman sebaya terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan akuntasi angkatan 2011 UMS adalah sebesar 36,1%, sedangkan sisanya sebesar 63,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sikap mandiri, pergaulan teman sebaya dan minat berwirausaha.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 01 Sep 2014 12:27
Last Modified: 19 Oct 2021 14:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29977

Actions (login required)

View Item View Item