Ramadhani, Annisa and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan S.H, M.Pd (2014) Perbandingan Hasil Evaluasi Belajar Tipe Pilihan Ganda Biasa Dan Tipe Pilihan Ganda Asosiasi Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 02 Tunggulrejo Tahun Ajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf Download (173kB) |
|
PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (646kB) |
||
PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
||
PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (612kB) |
||
PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membedakan hasil belajar dengan evaluasi tipe pilihan ganda biasa dan tipe pilihan ganda asosiasi pada mata pelajaran IPA, (2) membuktikan hasil belajar dengan evaluasi tipe pilihan ganda biasa lebih baik dari pilihan ganda asosiasi pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 02 Tunggulrejo tahun ajaran 2013/2014. Sampel populasi yaitu kelas V yang berjumlah 23 siswa dengan mendapat perlakuan pertama berupa evaluasi hasil belajar tipe pilihan ganda biasa dan perlakuan kedua berupa evaluasi hasil belajar tipe pilihan ganda asosiasi. Teknik pengumpulan data berupa soal tes evaluasi, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t untuk menguji hipotesis yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung sebesar 4,065 dan ttabel sebesar 2,080. Dengan DK = { t | t < - ttabel atau t > ttabel } dan thitung lebih besar daripada ttabel maka dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar IPA antara penerapan evaluasi tipe pilihan ganda biasa dan tipe pilihan ganda asosiasi pada siswa kelas V SD Negeri 02 Tunggulrejo tahun ajaran 2013/2014 (2) hasil belajar lebih baik dengan evaluasi tipe pilihan ganda biasa pada siswa kelas V SD Negeri 02 Tunggulrejo.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | evaluasi tipe pilihan ganda biasa, evaluasi tipe pilihan ganda asosiasi, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 01 Sep 2014 07:15 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 01:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29969 |
Actions (login required)
View Item |