Primadani, Iwan and , Dr. Samino, M.M. (2014) Pengintegrasian Syariat Islam Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Kedisiplinan Siswa SDIT Ar Risalah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.PDF Download (258kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (928kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (110kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengintegrasian syariat islam dalam pembelajaran guna meningkatkan kedisiplinan siswa SDIT Ar Risalah Surakarta yang meliputi pengintegrsian syariat islam dalam pembelajaran di dalam kelas dan pengintegrasian syariat islam dalam pembelajaran di luar kelas. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Informan adalah waka kesiswaan, waka kurikulum, guru kelas, guru mapel dan siswa . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Keabsahan data digunakan teknik trianggulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut; (1) pengintegrasian syariat islam dalam pembelajaran di dalam kelas adalah sebagai berikut: Kalau yang KBM mentoring adalah dimulai dengan salam, mengucapkan doa belajar, tilawah surat qur'an yang dihafal, penyampaian materi hadist adab dan doa-doa pilihan. Sedangkan dalam KBM mata pelajaran terdiri dari salam, Muraja’ah tahfidz sekitar 10 menit dengan nama surat/ ayat yang sudah di jadwal, kemudian dilanjutkan dengan masuk pada penyampaian materi pelajaran, yang kadang juga diintegrasikan dengan syari’at islam dan untuk mapel agama didetailkan menjadi mapel Aqidah-Akhlak, Fiqih, Siroh, Tahfidz, Qur’an-Hadist, bahasa arab, agar siswa selalu ingat pada Allah dan paham dengan syariat-Nya. Bahwa semuanya dari Allah dan kembali ke Allah. (2) pengintegrasian syariat islam dalam pembelajaran di luar kelas adalah sebagai berikut; yang aturannya secara umum tertuang dalam buku amal sholeh SDIT Ar Risalah Surakarta, yang terdiri dari perintah sholat, perintah shoum, perintah berakhlak dalam bersopan santun, makan, berpakaian dan rambut, dan perintah menjaga kebersihan. Selanjutnya, pantauan kegiatan anak, bekerjasama dengan wali siswa dengan berpedoman pada buku amal sholeh SDIT Ar Risalah Surakarta.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengintegrasian, syariat islam, pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 29 Aug 2014 13:03 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 01:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29968 |
Actions (login required)
View Item |