FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEINGINAN KONSUMEN UNTUK MENABUNG PADA BANK SYARIAH (Studi Kasus Pada Bank Syariah di Surakarta)

ROSITASARI , ZHENTY (2009) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEINGINAN KONSUMEN UNTUK MENABUNG PADA BANK SYARIAH (Studi Kasus Pada Bank Syariah di Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B200030419.pdf

Download (214kB)
[img] PDF
B200030419.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai apakah faktor-faktor gaya hidup, kepribadian, lingkungan sosial, produk, promosi (iklan), dan proses (pelayanan nasabah) berpengaruh terhadap konsumen untuk menabung di bank syariah. Populasi terdiri dari sample sebanyak 60 orang nasabah. Pemilihan sample sebanyak 30 orang dari Bank Danamon Syariah dan 30 orang dari BTN Syariah Cabang Surakarta dilakukan secara acak pada semua nasabah yang membuka jasa tabungan (mudharabah) pada bank tersebut dan tidak ada factor pertimbangan khusus yang membedakannya. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian uji validitas, reliabilitas uji t, uji F dan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Uji validitas dan uji reliabiltias semua item pertanyaan valid dan relaibel. Uji normalitas data tersebar normal normal karena X²hitung < X²tabel. Uji Statistik uji t variabel independen (gaya hidup, kepribadian, lingkungan sosial, produk, promosi dan pelayanan) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah untuk menabung uangnya di Bank BTN Syariah maupun Danamon Syariah. Uji asumsi klasik tidak terjadi penyimpangan yaitu uji multikolinieritas dan heteroskedastisitas tidak terjadi penyimpangan. Konstanta memiliki pengaruh positif berarti variabel independen berpengaruh positif terhadap variabel dependen atau keputusan nasabah untuk menabung di Bank BTN Syariah dan Bank Syariah Danamon.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya hidup, Kepribadian, Lingkungan sosial, Produk, Promosi, Pelayanan dan Keputusan Nasabah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 22 Jun 2009 07:43
Last Modified: 16 Nov 2010 18:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2995

Actions (login required)

View Item View Item