Edi C, Sudardi and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2014) Peningkatan Keaktifan Belajar IPA Dengan Menggunakan Strategi Make – A Match Di Kelas V SD N Pekuwon Juwana Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
02._naskah_publikasi.pdf Download (695kB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
03._halaman_depan.pdf Download (458kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf Download (193kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (570kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (52kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan keaktifan belajar IPA pada siswa kelas V SD N Pekuwon Kecamatan Juwana Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2013/2014 dengan menggunakan strategi Make A Match, subjek penelitian yaitu: siswa kelas V SD Negeri Pekuwon, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati sebanyak 49 siswa. Objek penelitian adalah keaktifan belajar, IPA dan Strategi Make a Match. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, post test, wawancara, dokumnetasi, dan angket. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan dan evaluasi. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan menggunakan strategi Make a Match. Teknik Analisis Data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Adapun peningkatannya dapat dilihat dari prosentase keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA dari siklus I sampai siklus III. Pada siklus I prosentase keaktifan belajar siswa sebesar 70% pada siklus II sebesar 86% dan siklus III sebesar 100%. Hal ini membuktikan bahwa dengan melalui strategi Make A Match dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Make A Match, Keaktifan Belajar IPA |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 27 Aug 2014 11:59 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 04:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29936 |
Actions (login required)
View Item |