Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Tk Mojorejo 2 Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014

SUMINEM, SUMINEM and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd. (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Tk Mojorejo 2 Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (965kB)
[img]
Preview
PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf

Download (393kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (939kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
ARTIKEL_PUBLIKASI.pdf

Download (619kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial anak melalui metode bermain peran pada anak kelompok B TK Mojorejo 2 Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian ditetapkan pada guru dan siswa Kelompok B TK Mojorejo 2 Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen dengan jumlah 28 anak, terdiri dari 13 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. teknik analisis komparatif dan interaktif. Data dalam penelitian ini adalah analisis Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan sosial anak sebelum tindakan adalah 48,88% dengan status belum berkembang (MB). Setelah dilakukan kegiatan bermain peran pada siklus 1, kemampuan anak meningkat menjadi 70,54% atau berkembang sesuai harapan (BSH), sedangkan pada siklus 2 mencapai 87,61%.atau berkembang sangat baik (BSB). Kesimpulannya adalah melalui metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan sosial pada anak kelompok B TK Mojorejo 2 Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan sosial, Bermain peran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 26 Aug 2014 12:23
Last Modified: 20 Oct 2021 05:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29934

Actions (login required)

View Item View Item