Yuliasto, Widodo and , Masduki, S.Si, M.Si (2014) Peningkatan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Snowball Throwing (PTK Bagi Siswa Kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (690kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (661kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (139kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (72kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika bagi siswa SMP Muhammadiyah 1 Gatak kelas VIIIA tahun ajaran 2013/2014 melalui strategi Snowball Throwing. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus, tiap siklus terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi dan evaluasi. Data yang diperoleh berupa nilai persentase peningkatan keaktifan pada akhir siklus I dan pada akhir siklus II. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika. Peningkatan keaktifan siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator-indikatornya meliputi: 1) kemauan siswa dalam bertanya sebelum tindakan 5,55% dan sesudah tindakan 55,55%, 2) kemauan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan 11,11% dan sesudah tindakan 72,22%, 3) kemauan siswa mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 0% dan sesudah tindakan 66,66%, 4) kemauan siswa dalam mengemukakan pendapat sebelum tindakan 0% dan sesudah tindakan 55,55%. Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa penerapan strategi Snowball Throwing pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan; snowball throwing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Aug 2014 12:59 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 06:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29932 |
Actions (login required)
View Item |