Peningkatan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Snowball Throwing (PTK Bagi Siswa Kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo Tahun 2013/2014)

Yuliasto, Widodo and , Masduki, S.Si, M.Si (2014) Peningkatan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Snowball Throwing (PTK Bagi Siswa Kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (690kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (661kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika bagi siswa SMP Muhammadiyah 1 Gatak kelas VIIIA tahun ajaran 2013/2014 melalui strategi Snowball Throwing. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus, tiap siklus terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi dan evaluasi. Data yang diperoleh berupa nilai persentase peningkatan keaktifan pada akhir siklus I dan pada akhir siklus II. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika. Peningkatan keaktifan siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator-indikatornya meliputi: 1) kemauan siswa dalam bertanya sebelum tindakan 5,55% dan sesudah tindakan 55,55%, 2) kemauan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan 11,11% dan sesudah tindakan 72,22%, 3) kemauan siswa mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 0% dan sesudah tindakan 66,66%, 4) kemauan siswa dalam mengemukakan pendapat sebelum tindakan 0% dan sesudah tindakan 55,55%. Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa penerapan strategi Snowball Throwing pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan; snowball throwing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Aug 2014 12:59
Last Modified: 14 Oct 2021 06:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29932

Actions (login required)

View Item View Item